PORTOFOLIO FARIS

Belajar Mengamati Pertumbuhan Jamur hari ke-10

​Ada kegiatan belajar baru di rumah kami sejak akhir pekan kemarin. Ya! Kami belajar menanam jamur tiram. Saya membeli bibit jamur tiramnya jauh-jauh dari bandung, daQu agro yaitu salah satu sekolah / pondok milik ustadz Yusuf Mansur yang pendidikannya berbasis alam. Dengan diiringi basmallah saya berdo’a dan memanjatkan harapan mudah-mudahan bibit jamur ini bisa tumbuh di rumah. Karena tau sendiri kota batam ini terkenal sangat panas dan bisa dibilang gersang. Banyak pohon yang sudah ditebang karena lahan disulap menjadi hotel, restoran atau bahkan mall. Jadi tidak heran kalau cuaca batam kurang cocok untuk budidaya tanaman jamur. Tetapi yang namanya belajar dan bersabar dengan proses itu perlu rasanya kami ajarkan kepada anak-anak. Oleh karena itu bermodalkan doa akhirnya jamur kami mulai tumbuh. Ini progresnya :

Perkembangan jamur

Kandungan air sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan miselium jamur. Terlalu sedikit air pun akan menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan akan terganggu bahkan berhenti sama sekali. 

Namun jika terlalu banyak air, miselium akan membusuk dan mati. Jamur dapat tumbuh dengan baik di kondisi lemban, tetapi tidak dengan genangan air. Oystet miselium jamur tumbuh optimal dengan kadar air sekitar 60%. Untuk merangsang pertumbuhan tunas dan tubuh buah membutuhkan kelembaban sekitar 70-85%. 

Miselium jamur putih tumbuh secara optimal dalam gelap. Sebaliknya, tubuh buah jamur tidak dapat tumbuh dalam gelap. Cahaya diperlukan untuk merangsang pertumbuhan tubuh buah. Jamur batang akan tumbuh lebih kecil dan kap tumbuh tidak normal. Namun sinar matahari langsung dapat merusak dan menyebabkan layu, serta ukuran yang relatif kecil. Pertumbuhan jamur hanya memerlukan cahaya untuk menyebar. 

Dari aini Faris belajar tentang pertumbuhan, ternyata setiap makhluk hidup itu melalui fase-fase pertumbuhannya sendiri.

Untuk kemampuan motoriknya, hari ini Faris sudah resmi bisa meraut sendiri pensilmya yang tumpul. Sedangkan kemampuan matematikanya, hari ini Faris belajar membandingkan mobil mana yg lebih besar, paling kecil, paling besar dan membuat urutannya. 

Untuk kemampuan bahasa, faris sudah bisa menceritakan kembali satu peristiwa atau cerita secara sistematis. Hari ini Faris mengenal kosakata baru connect dan diaplikasikan dalam kalimat.💕

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s