Home Education, Jurnal Harian, PORTOFOLIO FARIS

Sains Dasar dan Teknologi Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari

Jumat pagi kami awali dengan dzikir pagi dilanjutkan senam pagi. Dengan instruktur mama yang cuman hapal senam skj ’97,ketahuan kan angkatan berapa hiks. 

Sudah hampir sebulan ini anak-anak rutin senam skj. Sebelumnya, biasanya mereka olahraga ringan bebas mengikuti saya pillates. Selesai olahraga kecil kami lanjutkan kelas bersih-bersih rumah dengan tugas masing-masing.
Sementara saya menyelesaikan jemuran baju anak, Faris lanjut memainkan geoboard. Rupanya belum bosen juga dia memainkan papan satu ini. Baru ini sudah seminggu masih betah main sama satu mainan saja.

Kegiatan selanjutnya #sciencewithkids untuk konsep mengapung atau tenggelam. Sedangkan Irbad bermain sensori kulit jeruk sisa percobaan masnya. Untuk ide main akan dishare selanjutnya.

Selesai percobaan dan pemberesan aparatus Faris mengajak saya untuk mengulang lagu-lagu anak yang dulu sering kami nyanyikan bersama. Berawal dari situlah sambil menghapal sepuluh malaikat Allah muncullah pertanyaan ajaib lagi.

QOTD : Kenapa surga dan neraka dijaga sama malaikat, ma?
saya belum ketemu jawaban yang sesuai syariah. Insyaallah saya cari dulu jawaban yang tepat dan kita bahas selanjutnya. Saya mencoba menjawab agar Faris tidak salah masuk. Kalau anak shaleh kan masuk surga. Siapa mau masuk surga?
(dilanjutkan dengan tepuk masuk surga)

Lanjut agenda perkenalan angka yang tak kunjung kenal. Saya memutar otak agar Faris excited saat belajar angka. Cerita tentang pengenalan angka melalui metode montessori ada disini. Sepertinya saya jatuh hati pada montessori karena melalui metode ini Faris mau belajar dengan memegang benda konkretnya. Melaui media sedotan kami belajar mengenal angka 1 sampai dengan 5. Alhamdulillah bisa dipahami, besok kita ulang lagi menggunakan media yang lain. (mamanya masih kejar tayang nyiapin bahan ajar terkendala printernya rusak)

🔡Menganalisis energi dr bensin
Berawal dari ketertarikan Faris akan mesin mobil kenapa menyala kalau bensinnya full. Jadi mobil bisa bergerak karena ada bensinnya ya ma? Dia berpikir sambil mengambil kesimpulan kemudian mama berinisiatif mengenalkan apa itu energi.

🔡Petir awan muatan negatif dan membahas penangkal petir
Karena setiap hari hujan di Batam maka pembahasan kita sehari-sehari masih berputar pada asal mula air, kemana perginya air hujan, terjadinya petir sampai apa sih manfaat diturunkannya hujan. Hari ini Faris mengulang kenapa sih ada listrik di dalam petir. Listrik adalah makhluk Allah SWT yang misterius. Kita tidak dapat melihatnya, tetapi kita dapat merasakannya. Dan ternyata di dalam tubuh manusia, hewan dan juga buah-buahan itu juga ada listriknya lho.
Saat terjadinya muatan di dalam awan, karena awan berjalan secara teratur, dan selama perjalanannya dia akan berhubungan dengan awan-awan lainnya yang mengakibatkan berkumpulnya muatan negatif di salah satu sisi, entah itu di atas atau di bawah. Sedangkan muatan positif berkumpul di sisi lainnya. Apabila perbedaan potensial diantara awan dan bumi besar, akan mengakibatkan terjadinya pembuangan muatan negatif atau disebut elektron. Dalam proses pembuangan ini, udara merupakan media yang akan dilalui elektron. Apabila pada saat muatan elektron dapat menembus batas isolasi udara inilah menjadikan suara ledakan atau guntur. Gampangnya aliran listrik bermuatan negatif (di awan) melompat menuju bumi. Listrik bermuatan negatif itu tertarik oleh listrik bermjatan positif yang ada di bumi.
.
.
.
Kenapa diciptakan penangkal petir?

Muatan listrik negatif petir akan mencari tempat netral untuk melepaskan muatannya.
Tempat netral adalah bumi. Oleh sebab itu petir akan selalu mencari tempat untuk menuju bumi. Dalam hal ini petir mencari jarak terdekat untuk sampai ke bumi. Salah satu jarak terdekat menuju bumi adalah bangunan yang tinggi.
Bangunan yang tinggi seperti gedung bertingkat menjadi sasaran utama untuk disambar petir. Untuk menghindari bahaya sambaran petir, pada bangunan yang tinggi selalu dipasang alat penangkal petir. Alat ini hanyalah salah satu alternatif cara untuk melindungi bangunan dari bahaya sambaran petir.
Yang menarik adalah pada bagian ujung penangkal petir dibuat dari logam berbentuk lancip. Dalam teori elektron, bagian konduktor yang berbentuk runcing banyak berkumpul muatan listrik. Hal ini akan memancing loncatan elektron untuk mendekat ke ujung lancip sehingga mudah disalurkan melalui kawat arde (ground) menuju bumi. 

.
.
.
Jangan lupa baca do’a ketika ada petir!

🔡belajar tentang gesekan
Bermula dari kegiatan belajar bersepeda dan ada sesi mengerem munculah pertanyaan mengenai rem. Kenapa kalau direm sepedanya berhenti?
Karena adanya gesekan rem sepeda yang bekerja dengan baik. Itulah salah satu manfaat dari gesekan.


Kemudian Faris dan Irbad mencoba mempraktekkan dengan meluncurkan beberapa benda dan mengamati manakah yang terlebih dahulu sampai ke bawah.
Sebenarnya setiap hari kita sudah tidak asing lagi dengan gaya gesek.
💬 Jika berjalan di kamar mandi kita harus berhati-hati agar tidak terpleset. Permukaan lantai yang licin busa membuat kita terpeleset. Kita dapat terpleset karena gesekan antara kaki kita dengan lantai sangat kecil.
💬 Jika kita mengamati bagian bawah sepatu sepak bola akan nampak gigi-gigi. Dengan sepatu khusus inilah pemain sepak bola dapat berlari dengan tenang menggiribg bola tanpa takut terpleset.
💬 Kalau kita mengamati truk lambat saat menaiki bukit pasir, kenapa truk itu tidak tergelincir? Rahasianya ada pada bannya. Permukaan ban yang bergerigi mencengkram kuat permukaan tanah. Gesekan pun srmakin kuat.

Sekian laporan belajar hari ini, semangat belajar anak-anak😘

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s