Liburan Murah Meriah ke Sea World Ancol

Alhamdulillah akhirnya Faris bisa berkunjung ke Seaworld Ancol, tentunya dengan kepala yang penuh pertanyaan dan penasaran seperti apa yah Sea World itu.

Ini sedikit percakapan kami saat menikmati perjalanan menuju Ancol.
Faris : “Ma, Sea World jauh nggak sih? Faris mau lihat ikan, ada apalagi yah?
Mama :” Sabar yah, insyaAllah bisnya on time. Mudah-mudahan nggak macet dan banyak orang yah jadi Faris bisa nyamain hewan-hewan uang ada disini.

Buat yang penasaran ingin berkunjung ke Ancol tetapi bukan warga Jakarta tidak perlu khawatir karena moda transportasi ke Ancol banyak ragamnya. Bisa naik kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Bila membawa mobil, biaya masuknya Rp25.000,- sedangkan motor Rp15.000,-. Akan tetapi saya dan anak-anak memilih naik bus TransJakarta, salah satunya jurusan Kampung Melayu–Ancol, dengan tarif Rp3500,-/orang. Bus TransJ memang menjadi favorit karena biayanya murah dan bisa keliling Jakarta (asalkan tidak keluar halte). Kami turun di halte terakhir yaitu Ancol. Letaknya di dalam Taman Impian Jaya Ancol.

Keluar dari halte TransJ, kami naik ke tempat pembelian tiket masuk Ancol. Harga tiketnya Rp25000,-/orang. Buat anak usia 2 tahun ke atas harus membeli tiket. Dari sini kami langsung masuk ke Ancol.

Buat yang belum pernah ke Ancol, saya informasikan Ancol itu luas sekali. Nggak salah lagi kalau slogannya, “Taman Impian“. Di dalam ancol ada Dufan wahana sejenis roller coaster dan sebangsanya,Atlantis wahana berenang dan ciprat-cipratan; Mall yang dalamnya senyap,Ecopark tempat main sepeda dan paintball, Gelanggang Samudra tempat melihat lumba-lumba~, Pantai dan Taman tempat lesehan ibu-ibu bapak-bapak anak dan anak muda, Outboundholic wahana main panjat-panjatan seru, dan juga ada Seaworld tempat melihat aquarium.

Jika ingin berkeliling Ancol dari satu spot ke spot yang lain, tersedia Bus Wara-Wiri. Fasilitas bus ini gratis. Di dekat loket masuk Ancol ada shelternya. Di sini tersedia peta rute bus. Rute terbagi 2 yaitu biru (selatan) dan merah (utara). Rinciannya yaitu:

Peta Rute Bus Wara Wiri di Ancol

Rute Utara:

Marina ~ Pantai Indah ~ Monumen Gerbang Timur Ancol ~ Lagoon 1 Ancol ~ Lagoon 2 Carnaval

Rute Selatan:

Gerbang Barat Busway/halte transjakarta ~ Dufan ~ Ecopark ~ Ecovention ~ Pasar Seni ~ Monumen Samudra/Atlantis

Dari halte busway saya berjalan kaki sampai dengan shelter bis kemudian menunggu bis yang menuju tujuan saya yaitu ke Seaworld. Saat menunggu bus wara-wiri datang, kami ditawari untuk naik taxi saja dengan ongkos Rp. 25.000, –  diantar sampai dengan gerbang. Tetapi kami memilih menunggu bis wara-wiri saja karena kebetulan kemarin bukan musim libur jadi tidak terlalu banyak yang berkunjung. Sengguhnya lewat kunjungan ini saya bisa mengajarkan banyak hal kepada anak-anak tentang kesabaran dan membiasakan mengantri.

Bentuk luar bus wara-wiri seperti bus pariwisata biasa atau sebesar bus TransJ. Tidak semua bus bertuliskan “Wara-Wiri”. Selain itu tanda rute biru atau merah juga kurang sehingga kami ragu mau naik. Takut salah bus. Kalau ada satpam sih enak bisa nanya. Atau langsung nanya ke sopir apa lewat rute yang kita inginkan.

Mungkin karena masih pagi, penumpang bus terlihat lengang. Katanya sih kalau weekend bisa padat dan antri naik. Alhamdulillah bisa ngadem sebentar di bus sambil melihat Ancol😁

Bus Wara-Wiri tidak berhenti di setiap halte. Pak sopir akan bertanya siapa yang mau turun di halte tujuan selanjutnya. Kalau ada yang jawab, ya berhenti. Kalau tidak ada yang mau turun dan tidak ada penumpang yang akan naik, bus lanjut. Jadi siap-siap turun di halte tujuan supaya tidak kelewatan.

Karena rutenya dibagi 2, ada halte untuk transit yaitu halte monumen. Cirinya ada monumen di tengah danau (atau kolam besar). Nah, Pak Sopir menyebut, “Pantai, siapa yang mau ke pantai turun sini.”. Tapi saya heran nampaknya tidak terlihat ada pantai kok dibilang pantai. Ternyata maksudnya ini tempat transit kalau mau ke pantai. Di area Monumen terdapat alat olahraga/fitness outdoor seperti sepeda, double swing, dan banyak lagi. Kalau menyusuri area ini, di sepanjang jalan ada banyak permainan anak seperti ayunan, jaring laba-laba, dsb. Kami turun di halte selanjutnya yang terdekat dengan pintu masuk Seaworld. Setelah turun di halte, kami jalan kaki kurang lebih 200 meter kemudian menyeberang. Seaworld ada di bagian kanan jalan.

Singkat cerita sampailah di Sea World, loket depan masih tutup, jadilah kami antre di loket dalam. Terdapat sekitar 4 line antrean loket di sana dan antrenya sudah panjang. Padahal masih sekitar jam 10-an. Karena hari sabtu, terlihat banyak sekali keluarga yang mengajak anak-anaknya untuk berlibur kesana. Kebetulan juga bersamaan dengan gathering komunitas tertentu dan perusahaan serta event yang diadakan oleh mahasiswa biologi UI. Sea World sendiri buka mulai jam 9 pagi hingga jam 18 petang. Harga tiket Sea World World Rp 110.000,- per orang, untuk tiket bundling Rp 138.000,- dengan tiket Ocean Dream Samudra. Tiket untuk anak-anak bisa dibeli mulai umur 2 tahun atau jika tingginya sudah lebih dari 80cm. Yang masih di bawah itu free 😀

Denah Wahana 1

Denah Wahana 2
Jadwal Pertunjukan dan Feeding Show

harga tiket promo

Karena hari ini weekend maka tiket masuk Sea World harus membeli yang bundling, tiket single trip Sea World dapat dibeli mulai pukul 15.00 saja. Ini noted sekali agar pengunjung yang belum pernah berkunjung kesana tahu jadwal-jadwalnya.

Fyi, sebelum masuk ke dalam tas dan bawaan pengunjung akan diperiksa terlebih dahulu di pintu masuk karena melihat sederet botol minuman dan air mineral yang tidak diperbolehkan masuk oleh petugas. Tetapi apabila kita membawa botol minum sendiri boleh kok dibawa masuk.

Setelah masuk dan mengantri tiket akhirnya kami masuk Sea World. Saat masuk ke dalam, tangan akan distempel sebagai tanda masuk. Arena ini sangat cocok untuk belajar dan menghibur anak-anak.  Kebanyakan ikan yang kami lihat di sana belum pernah kami lihat di tempat lain kecuali di Channel Nat Geo Wild. Koleksi terbaru di Sea World adalah ubur-ubur. Faris sangat girang mendapat obyek menarik untuk dilihat dan meminta saya untuk memfotokan. Tapi sayangnya area ini lumayan gelap dan jika difoto dengan si ikan di akuarium agak backlight..

pegang kura-kura

Selain lihat ikan di akuarium, ada beberapa kolam khusus yang memang didesain agar pengunjung bisa celup-celup di situ, seperti memegang bintang laut, ikan hiu, atau kura-kura. Sesaat setelah kami masuk, ada jadwal memberi makan ikan pari. Atraksi memberi makan ikan yang dilakukan oleh Om Penyelam, lokasinya berada di depan akuarium utama. Dibuka oleh sesi pertanyaan dan bagi-bagi stiker kepada anak-anak yang bisa menjawab pertanyaan dari MCnya. Banyak pengetahuan mengenai binatang bawah laut yang disampaikan oleh MCnya, anak-anak pun interaktif sehingga bisa menambah wawasan anak-anak dan mamanya juga.

atraksi memberi makan ikan

Nah, bagian favorit kita sekeluarga tentu saja adalah underwater tunnel alias terowongan bawah akuarium utama. Berasa ikut menyelam di bawah laut. Meskipun sesak oleh orang alhamdulillah tidak sampai berjubel. Kami masih sempat berfoto juga disini. Memang sih, ada AC-nya yang mengalir dari bawah, selain itu juga ada conveyor seperti untuk mengangkut koper di bandara, bedanya kali ini yang diangkut adalah orang. Saya dan suami memilih berdiri di conveyor saja agar lebih cepat keluar. Tetapi tidak dengan anak-anak, bahkan Irbad minta masuk terowongan lagi sambil duduk di conveyor.

underwater tunnel

Tepat saat adzan Dzuhur kami selesai berkeliling, pintu keluar SeaWorld langsung menuju ke bagian penjualan souvenir. Banyak boneka ikan dan hewan laut yang sebelumnya kami lihat di dalam akuarium. Selain toko souvenir, di sana terdapat juga kantin. Bagi pengunjung yang tidak sempat membawa bekal dari rumah, bisa langsung makan di sana atau di luar gedung juga banyak yang menjual berbagai macam makanan.

mushola di luar gedung

Jika selepas makan dan sholat masih ingin lihat ikan lagi, kita masih bisa masuk bahkan sampai Sea World tutup jam 18 petang. Cukup dengan menunjukkan stempel yang sebelumnya diberikan petugas pada tangan kita saat pertama kali masuk tadi.

Karena kami membeli tiket bundling, kami melanjutkan jalan-jalan ke Ocean Dream Samudra.

Ocean Dream Samudra

Ocean Dream Samudra ini berisi wahana wahana pertunjukan hewan laut yang sudah dilatih dan sangat jinak. Pada saat membeli tiket, kita akan mendapatkan diinformasikan mengenai jadwal pertunjukannya. Ini penting banget, karena semua pertunjukan akan berjalan sesuai jadwal. Kemarin kita salah strategi, harusnya kita datang pagi dan langsung masuk ke pertunjukan pertama. Sisanya tinggal mengikuti jadwal yang ada. Jadi setelah makan siang, semua pertunjukan sudah selesai kita tonton. Baru kemudian anak-anak bisa santai menikmati balon terbang, bom-bom car. Masuk ke Sea World terakhir saja. Karena rencana awal kita hanya berkunjung ke Sea World dan belum mencari informasi mengenai wahana Ocean Dream jadilah tidak semua pertunjukan dan permainan bisa kita nikmati karena anak-anak sudah ngantuk dan capek.

penunjuk jalan masuk di ocean dream
Bird Park

pengamatan circle life kupu-kupu

lihat kepompong
jadwal pertunjukkan

Pertunjukan yang ada di Ocean Dream ini adalah pentas aneka satwa, pentas singa laut, pentas lumba-lumba, sinema 4 dimensi, pentas scorpion pirates (stuntman show), dan pentas underwater theater. Dimulai pada jam 09.45 WIB kita bisa mulai dari pentas aneka satwa dan bisa langsung seterusnya masuk ke pertunjukan lain setelah ada jeda. Dalam sehari ada tiga pertunjukan di jam yang berbeda.

Pentas Aneka Satwa
Kami tidak menonton karena pada jam pertunjukan kami masih berada di arena Sea World.

Pentas Singa Laut
Saya dan suami belum pernah melihat singa laut sebelumnya. Jadi saat mereka melakukan pertunjukkan sama hebohnya dengan anak-anak. Tiga singa laut yang pinter dan terlatih ini memberikan pertunjukan yang sangat menghibur. Mulai dari bermain bola, joget dangdut, action saat diajak berfoto sampai melakukan salto. Tidak lupa pembawa acara memberikan narasi yang kocak dan komunikatif sekali kepada penonton. Seru dan jangan sampai dilewatkan deh.

Pentas Lumba-lumba
Lumba-lumba yang pintar dan lucu ini memberikan pertunjukan yang memukau banget.
Ada empat lumba-lumba yang beraksi untuk menghitung, main bola, sampai salto juga. Anak-anak terkesima menonton pertunjukan ini. Kabarnya lumba-lumba juga bisa untuk terapi anak ADHD.

Sebenarnya masih banyak jadwal pertunjukan yang lainnya seperti Sinema 4 Dimensi, Pentas Scorpion Pirates, Pentas Underwater Theater tetapi kali ini kami skip. Semoga next akan ada kunjungan-kunjungan selanjutnya.

Sedikit tips jika berencana membawa anak-anak liburan ke Ocean Dream Samudra. Yang pertama mencari informasi sebanyak mungkin mengenai tempat tujuan wisatanya. Kedua, hunting tiket semurah mungkin, beli di aplikasi atau mencari promo jika beruntung. Ketiga, jangan lupa bawa snack dan bekal makanan sendiri terutama untuk anak-anak tidak boleh tidak. Ini memudahkan kita agar tetap nyaman selama berjalan-jalan, bahkan jika terdapat pertunjukan yang show di waktu jam makan. Karena selain mahal, agak repot kalau cari makan di jam makan karena sudah dapat dipastikan penuh. Keempat, gunakan kaos dan alas kaki yang nyaman. Karena udara yang panas dan setiap pertunjukkan dapat dipastikan penuh sesak tanpa AC sehingga menyebabkan banyak berkeringat apalagi anak-anak yang sedang aktif-aktifnya. Jangan lupa bawa ganti juga untuk anak-anak. Kelima, lebih baik datang pagi karena jalanan juga masih belum macet. Pertunjukan dimulai pukul 9.45 WIB jadi setelah makan siang sudah selesai menikmati semua pertunjukan. Sisa waktu sebelum pulang bisa digunakan untuk bermain di permainan anak-anak. Mari memanfaatkan kesempatan liburan murah dengan segudang pengetahuan yang didapat untuk anak anak 💕