belajardarialam, Home Education, Ibu Profesional, Jurnal Harian

Learning Day 10 : Mengambil Pesan dari Film Edukasi Petualangan Banyu Bersama Titik Air

Beberapa hari ini curah hujan di Tanjung Pinang sedang tinggi sehingga membuat kami jarang beraktifitas di luar rumah. Hari ini kami memanfaatkan waktu untuk melihat proses terjadinya hujan dengan menonton film edukasi “Petualangan Banyu Bersama Titik Air” karya
Greeneration Indonesia (GI) dan Komunitas Sahabat Kota (KSK).

Serial film edukasi ini sebenarnya sudah lama diproduksi namun saya baru menunjukkan kepada anak-anak ketika mereka sudah siap untuk duduk dan menyimak pesan-pesan apa yang akan disampaikan oleh film ini.

Film animasi bertajuk lingkungan ini sangat menarik minat Faris yang concern pada lingkungan dan perubahan gejala alam. Melalui film ini, saya dapat memberitahukan kepada anak-anak bagaimana proses terjadinya air dari awal sampai akhir, fungsi air untuk mahluk hidup serta himbauan untuk tidak membuang-buang air.

Film ini memang ditujukan untuk anak-anak, karena merekalah yang akan melanjutkan kehidupan. Saya yakin sedikit banyak film ini pasti akan berpengaruh terhadap cara berpikir anak-anak dan salah satu cara menginformasikan isu lingkungan kepada anak-anak secara sederhana dan bertahap.

Faris sangat senang dan fokus menyimak film ini hingga selesai bahkan tanpa saya instruksikan ia menceritakan kembali apa isi dari film tersebut kepada Papanya. Satu hal yang menarik perhatian saya adalah mengenai kecerdasan bahasanya pun semakin berkembang melalui kegiatan bercerita dan mengetahui kosakata baru bahwa “banyu” adalah bahasa Jawa dari “air”. Saya tidak pernah mengajar bahasa Jawa secara khusus kepada anak-anak, sejak mereka lahir saya berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia supaya mereka tidak bingung ketika saya berbicara dengan bahasa yang beragam. Namun, seiring bertambah usianya ternyata Faris semakin menunjukkan bahwa ia memiliki kecerdasan bahasa yang menonjol. Ia segera dapat mengikuti beragam bahasa dan meniru logat yang berbeda-beda. ☺️

Penasaran ingin menonton film ini juga? Yuk, klik link berikut ini supaya teman-teman yang mau tau asal air bersih yang ada di rumah kalian bisa juga ikut menonton bagaimana perjuangan air sampai ke rumah kita.

Ikuti petualangan titik air ya yang sudah menempuh perjalanan untuk sampai ke rumah kita sehingga kita dapat menggunakan ketika ingin mandi,mencuci piring atau menyiram bunga. Ternyata ia menempuh jarak bermil-mil jauhnya. Dan bagaimana kalau perjalanan mereka sia-sia karena kita membuang-buang air dirumah? Mungkin air akan ngambek dan bisa habis. Aduh, kalau air habis bagaimana kita akan mandi atau minum?

Air sangat dibutuhkan untuk kehidupan kita sehari-hari. Begitu banyak kegunaan air dalam kehidupan kita khususnya air bersih. Yuk, ikuti petualangan Banyu dengan titik air saat melihat perjalanan air menuju ke rumah kita. Bantu juga Banyu untuk melindungi air-air bersih kita.

#hari10 #gamelevel4 #tantangan10hari #kelasbundasayang #mengamatigayabelajaranak #ibuprofesional #cerita2al #portofolioanak.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s